Listrik Padam, Rezeki Mandek

Gak terasa udah hampir 3 bulan gak nulis, maklumlah lagi padat-padatnya kegiatan yang saya lakoni.
Kali ini saya akan mencoba membuat sebuah tulisan (tapi sebenarnya sih tanggapan) tentang keadaan listrik di Indonesia yang sering padam khususnya di Padang.
Emang sih udah 2 bulan berjalan masyarakat di Kota Padang ngalamin yang namanya pemadaman listrik bergiliran. Entah apa penyebabnya yang jelas masyarakat udah banyak yang dongkol dengan kejadian ini, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki usaha yang notabenenya banyak tergantung dengan listrik ini.
Sebagai contoh, mereka memiliki usaha di bidang IT, semisal Warnet, trus usaha perbengkelan kecil-kecilan, trus Fotocopy, n lain-lainnya.
Mereka emang sangat bergantung dengan listrik ini, nah kalo listriknya padam paling lama 3 jam nah berapa kerugian yang mereka terima, jangankan untuk untung yang didapat, yang ada malah pelanggan lari semua….
Lain halnya bagi mereka yang punya dana cadangan untuk membeli perangkat genset, itu sih kalo punya dana cadangan kalo nggak…..(mo dicari kemana tuh…)
Kalo mo disalahin siapa juga yang mo disalahin, PLNnya yang mo disalahin….??
Sekarang coba kita ambil jalan tengahnya aja… (sebenarnya opsi-opsi yang diambil)
Opsi pertama kita nyalahin PLN, trus Pihak PLN gak bakalan mau disalahin begtiu ajakan….?! Mereka cuma bilang ini cuma kesalahan teknis (Generator di sana yang rusak, atau mesin di daerah sini yang macet) nah lho…..?? kemana tuh duit dilariin Pak….?!?! Hehehe just kidding….. Trus PLN ngomongnya banyak pelanggan yang nunggak bayar rekening listrik…., (lha malah balik ke masyarakatnya yang salah)
Opsi kedua, nyalahin pelanggan pengguna listrik. Emang sih banyak pelanggan yang nunggak bayar rekening, n lebih-lebih banyak yang lari karena gak sanggup bayar ujung-ujungnya listriknya diputusin, nah yang lebih parah lagi nih…. yang coba-coba ngakalin meteran Listriknya, (parah gak tuh) dari 2500w bisa-bisanya di catatan para pencatat meteran yang ketemu cuma 1500w, kemana tuh yang 1000w lagi….., ngabur atau emang di kaburin…..??
Nah kalo udah gini, yang jadi kambing hitam pasti deh siapa lagi kalo bukan PEMERINTAH……
Pusing…..Pusing…..Pusing….
Udah deh biarin mereka aja yang ngebahas semuanya…..
Kita balik lagi ke Pengusaha-pengusaha kecil n kelas menengah yang gak nyaman atas kejadian ini.
yang jelas udah banyak dari usaha-usaha kecil yang mengalami gulung tikar (kaya’ baru siap acara syukuran aja pake-pake gulung tikar segala) n nyaris gulung tikar…. karena omset mereka berkurang.
Yah palingan masyarakat cuma bisa pasrah n nrimo untuk kasus yang ini…..
Mudah-mudahan pemadaman listrik ini cepat berakhirnya, walaupun di kabarin sampai bulan September 2008 (wah lama juga yah, masih ada dua bulan lagi). Yo wies, sing sabar yo rek…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: